Kontribusi saya untuk Indonesia

Assalamualaikum, Indonesia. Namaku Asma Nabila. Sarjana ekonomi lulusan Universitas Negeri Jakarta angkatan 2010. Sudah 23 tahun aku menjadi warga negaramu. Mungkin banyak orang tak merasa beruntung terlahir menjadi warga negaramu. Seperti yang sebagian teman-temanku kebanyakan keluhkan. Kemiskinan, kriminalitas, korupsi, dan sederet masalah yang mungkin menimpamu. Tapi tidak denganku, aku bangga dan bersyukur menjadi warga negaramu. Indonesia. Negeri beribu pulau dan berjuta kebudayaan. Negeri yang kemerdekaannya, harus ditebus dengan beribu nyawa pahlawan. 

Indonesia, aku bermimpi. Rakyatmu  makmur sejahterah. Tak ada lagi istilah busung lapar, kekurangan gizi,  kriminalitas yang terjadi akibat kemiskinan. Seluruh sumber daya alam yang dimiliki Indonesia dimiliki secara penuh dan dikelola oleh negara. Masyarakat maju dan sejahterah. Ya, kunci utama dari permasalahan negeri ini adalah masalah ekonomi.Ketika kesejahterahan terpenuhi, masyarakat akan fokus pada pendidikan dan kemajuan bangsa. Akan mendorong lahirnya berbagai inovasi untuk kemajuan suatu bangsa.

Indonesia, dengan jumlah masyarakat muslim terbesar di dunia, aku punya solusi terbaik untukmu. Islam, yang menjadi agama mayoritas rakyatmu adalah agama yang menyeluruh, tidak hanya menyangkut aspek ruhiyah saja, namun juga mengatur aspek kehidupan dari mulai hal terkecil, bagaimana seorang individu berperilaku hingga tatanan bagaimana mengatur sebuah negara baik sari segi ekonomi, politik, hukum, kebudayaan dan seluruh aspek kehidupan lainnya. Semua tertuang dalam kitab umat Islam, yaitu Quran.
Indonesia, izinkan aku memperkenalkan organisasi yang menjadi tempatku bernaung. Indonesia Quran Foundation namanya. Kami memiliki visi untuk menghasilkan generasi intelektual penghafal Quran. Ya, di sini kami tidak hanya menghafal, kebanyakan dari kami merupakan mahasiswa Universitas Indonesia dan  Universitas Gunadarma dari berbagai disiplin ilmu. Hukum, Ekonomi, Psikologi, MIPA, Teknik, Budaya, Kesehatan, semua ada di sini. Kami bermimpi setiap dari kami merupakan professional di bidang keilmuan masing-masing dan sudah terinstalasi dengan nilai-nilai Quran.
Dengan jabatanku saat ini sebagai Kepala Biro Humas Indonesia Quran Foundation, aku memiliki mimpi untuk mengenalkan Quran ke masyarakat muslim Indonesia khususnya. Ingin mengajak masyarakat kembali berinteraksi lebih dengan Quran dan membawa nilai-nilai Qurani dalam kehidupan nyata. Bagaimana Quran mengajaran konsep kedamaian, nilai-nilai kejujuran dan juga mengenalkan konsep kerja keras, sebagaimana terkandung dalam surat Al Jumuah. Bagaimana Quran mengatur sistem kehidupan dunia, juga tentang ekonomi. 

Quran mengenalkan konsep ekonomi dan keuangan syariah. Dimana tujuan akhir yang ingin dicapai adalah kesejahterahan seluruh masyarakat, bukan hanya pada satu golongan tertentu. Bukankah konsep ini selaras dengan konsep sistem ekonomi pancasila yang dianut Indonesia, dengan tujuan mensejahterahkan masyarakat bersama? Quran melarang riba yang hanya bisa menguntungkan golongan orang-orang kaya.

Dengan studi yang akan kupilih, yaitu kajian timur tengah dengan peminatan ekonomi dan keuangan syariah, aku berharap ilmu yang kuperoleh akan menambah wawasasanku dan membuatku semakin mudah memperkenalkan konsep ekonomi dan keuangan syariah pada masyarakat Indonesia. Dengan jabatanku sebagai Humas Indonesia Quran Foundation aku akan memperluas cabang Indonesia Quran Foundation di berbagai wilayah Indonesia dan mengenalkan konsep nilai-nilai Quran, dan mengenalkan konsep ekonomi syariah. Aku akan membuat bisnis berbasis sosial sehingga Indonesia Quran Foundation juga bisa menjadi solusi dalam menjawab permasalahan di masyarakat.

Bagaimana Indonesia Quran Foundation mampu menjawab permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat sekitarnya. Bagaimana Indonesia Quran Foundation mampu menjawab kebutuhan masyarakat.Selain itu aku juga akan menjadi agen perubahan. Ingin mengajak masyarakat untuk mengaplikasikan nilai-nilai Quran ke dalam kehidupan mereka, khususnya dalam segi ekonomi.  Aku akan membuat masyarakat melek secara ekonomi dan mampu menjadi bagian dari agen perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.

Bismillah, semangat berkontribusi!!

Komentar

Postingan Populer