Mengeja syukur

Bismillah

Beberapa hari kemarin aku bersama beberapa rekan mahasantri IQF membersamai siswa/i SMPIT Darul Abidin untuk bersama-sama tergabung dalam program Tahfizh Smart Darul Abidin dengan tema Bahagianya menjadi Penghafal Quran. Kami menemani adik-adik SMP menghafal Quran sesuai target yang mereka miliki masing-masing. Anggota kelompokku berjumlah sembilan. Sekar, Fathiya, Laras, Figa, Aulia, Naja, Shofi, Aya, dan Qisthi adalah kumpulan teman-teman hebat yang baru kukenal. Mereka antusias, ramah, cerdas, dan menyenangkan.

Selain kelompokku, terdapat sembilan kelompok yang dipegang oleh masing2 mentor. Ada kelompok unik dengan jumlah anggota yang memiliki kebutuhan khusus. Temanku, seorang mahasiswi Psikologi kebagian menangani kelompok tersebut dengan bermacam-macam keunikan yang setiap mereka miliki. Selesai kegiatan temanku asyik bercerita kepada kami, mentor2 lainnya tentang kegiatan kelompoknya. Anak-anak itu memiliki berbagai macam keterbatasan. Ada yang tuna rungu, kesulitan berkonsentrasi, autis, kesulitan berbicara, dan beberapa lainnya. Yang menakjubkan adalah semangat mereka untuk belajar dan menghafal Quran.

"Hanifah mau tidak hafal 30 juz?" temanku bertanya kepada salah seorang anak tersebut.
Anak itu geleng2 kepala.
"Lho? Kenapa?"
Dia menunjuk mulutnya yg memiliki kesulitan berbicara.
Temanku segera menyemangatinya untuk tidak menyerah. Kemudian anak itu kembali bersemangat.

Aku ingin menangis mendengar ceritanya.

Hari itu aku ingin kembali mengeja rasa syukur, yang entah tersembunyi dimana. Aku sering sekali merasa kesal dengan kesulitanku saat menghafal Quran, atau kemampuan tahsinku yang rasanya masih terus stagnan, atau terkadang merasa putus asa dan sesekali jenuh.

Aku alpa. Menyadari betapa beruntung diriku. Bahwa aku masih diberi kemampuan berkata dan berucap tanpa kesulitan.  Diperkenalkan Quran sejak kecil. Diberi kesempatan menjadi santri di IQF. Diberi kesempatan bertemu dengan orang-orang yang menginspirasi untuk dekat dengan Quran. Dan aku terkadang masih sering tidak bersyukur dengan tidak berusaha semaksimal mungkin berinteraksi dengan Quran.

Ingin bersyukur dan terus bersyukur. Bismillah...

Komentar

Postingan Populer