Abiphraya Indonesia

Senin, 6 Feb 2017

Malam ini aku menyaksikan welcoming alumni LPDP 2017 Abiphraya Indonesia.
Ibu Sri Mulyani dan Bapak BJ Habibie memberikan sambutan dan pengarahan kepada kami para alumni dan awardee.

Pernyataan itu membuatku berfikir banyak tentang beban sebagai seorang awardee dari beasiswa yang diperoleh dari uang pajak rakyat Indonesia.

Ini uang rakyat. Dan harus dikembalikan untuk rakyat. Dengan membuat prestasi dan konstribusi untuk bangsa ini.

*Catatan dari Sambutan Ibu Sri Mulyani pada malam Welcoming Alumni 2017. *

Saya sangat senang mendengar lebih dari separuh awardee yg sudah menyelesaikan studinya hadir malam ini.

Uang LPDP adalah uang pajak yg dibayarkan oleh rakyat Indonesia utk membangun republik Indonesia.

Kalau di AS, dia punya Presiden JFK yang terkenal dengan quotesnya: jangan bertanya apa yg negara bisa lakukan kepada saya, tapi apa yg bisa saya lakukan kepada negara.

Kalau awardee LPDP, negara sudah berbuat sesuatu utk anda. Jd kalau dikembalikan ke semangat pendiri bangsa: its time for you to give back.

Kuliah di kampus terbaik dunia adalah kenikmatan yg sangat langka.

Anda spesial. Ketika seleksi, Anda hanya ditanya mengenai motivasi apakah ingin menjadi manusia yg lebih baik dan dg demikian membangun republik lebih baik.

Kalau kita bicara estafet perjuangan, salah satu estafet ini diberikan ke Anda. Karena itu, tentu kita menitipkan harapan. Apa sebetulnya harapan Indonesia kepada Anda? Indonesia akan menjadi negara besar, bermartabat, apabila dia memiliki manusia2 yg punya ide dan idenya tidak terbatas. Karena dg ide, Anda mencanangkan impian.

Para awardee alumni, anda adalah contoh atau role model. Di republik ini, role model ada pada diri Anda semua. Anda harus merasakan beban itu. Memanage beban dg fun dan confidence adalah ciri manusia Indonesia di masa depan.

Di tangan Anda, Anda bisa menjaga keberagaman republik ini dan kreativitas bisa berjalan. Republik ini belum sempurna, di tangan Andalah utk menyempurnakannya.

Saya meminta alumni utk terus menjaga network. Karena kadang dalam hidup, dg networking anda memiliki api utk terus bersemangat. Anda saling mengingatkan utk terus menjaga cita-cita.

Saya meminta LPDP utk melakukan tracking kepada alumni. Saya ingin terus menampung ide dari para awardee LPDP utk membangun negeri. Anda-anda harusnya menjadi militan, stand up dan fight utk repubikik Indonesia.

Jangan pernah rela republik ini dihina. Anda harus merasa tersinggung dan fight back. Tunjukkan bahwa Indonesia adalah negara besar yg punya martabat.

Dengan networking, Anda diharapkan utk terus berprestasi. bayangkan kalau kita punya 16000 (alumni) yg seperti Pak Habibibe.

Selamat atas pencapaian dan perjuangan Anda. Dan utk lebih dari 10000 yg sedang sekolah, tolong sekolah dg sebaik-baiknya, ambil pengalaman yg berguna. Dan bagi para pelamar LPDP anda akan mendapatkan contoh dari para alumni yg hadir malam ini.

Bismillah...

Komentar

Postingan Populer