Let's learn!

Belakangan ini aku punya aktivitas baru. Belajar online! Semua bermula ketika aku tidak lolos internship Badr untuk kedua kalinya. Haha. Sempet baper sih. Tapi aku selalu percaya bahwa Allah memberikan apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Lagipula doaku sama. Memohon yang terbaik. Masalah lolos atau tidak itu terserah Allah.

Sejujurnya dari awal aku memang tidak cukup pede untuk mendaftar. Badr perusahaan teknologi IT, dan aku orang yang super gaptek. But, aku pengen banget be part of them. Aku suka banget sama visi mereka untuk meninggikan Islam lewat teknologi. Aku juga sudah realize kalo banyak hal yang bisa menjadi luar biasa dengan teknologi. Bagaimana teknologi bisa menghapus barrier jarak dan waktu. Bagaimana teknologi bisa menghilangkan skalabilitas. Bagaimana teknologi bisa mendeliver nilai-nilai kebaikan dengan lebih luas dan lebih masif.

Aku pengen banget bisa gabung dalam proyek complete Quran Badr. Terus aku pengen banget bisa belajar dari Badr. Bagaimana etos kerja mereka. Budaya perusahaan mereka. Dan pengen banget belajar untuk membangun bisnis yang sustain buat membangun bisnis fundraising IQF. So, aku memberanikan diri untuk tetap mendaftar. Aku sempet kaget ketika aku lolos 25 besar dan dipanggil untuk sesi wawancara. Kemudian aku sangat bersemangat segera mengambil jadwal wawancara hari itu juga. But, finally aku nggak lolos. 

But, aku sadar sesadar sadarnya. Kapasitasku masih sedikit. Terlalu sedikit. Bagaimana aku bisa bagian dari mereka kalau aku tidak bisa memberikan kontribusi apa2? Kalo aku tidak memiliki keilmuan dasar untuk memulai pembelajaran?

Kemudian aku ketemu sumber yang keren banget buat belajar. Mungkin aku yang memang kurang update, jadi baru ketemu sekarang. But, tidak ada kata terlambat kan buat belajar?

Yup, aku ketemu beberapa situs keren buat belajar online, setidaknya aku harus punya dasar keilmuan biar ga terlalu gaptek

Digital garage-google (banyak banget materinya)
Edx (ada materi2 tentang dunia digital)
Indonesia x (ada course the art of start up dari pak rhenald kasali)
cleverprogrammer (walaupun aku tetep ngga ngerti pas udah masuk tutorial, sekedar tahu apa yang dimaksud dengan code dan programming)

Dan tiba-tiba aku jadi menyadari satu hal. Bahwa betapa internet bisa membuat kesempatan belajar terbuka seluas-luasnya. Apa pun background yang kita miliki sebelumnya. Apa pun tingkat pendidikan yang kita miliki, Dan semua tersedia. Dari segala hal tentang keburukan hingga berbagai macam ilmu pengetahuan. Dan tugas kita untuk kemudian memaksimalkannya dengan mengkonsumsi dan menyebar nilai-nilai ke kebaikan.

Let's learn!!! Bismillah. Semoga berkah. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer