tentang media sosial



Banyak orang bertanya,
Kenapa tidak memiliki facebook?
Kenapa tidak memiliki instagram?
Kenapa tidak suka upload foto?

Terkadang aku bingung hendak menjawab apa. Mencoba menjelaskan prinsipku tanpa harus menyakiti. Aku selau percaya setiap orang punya cara tersendiri dalam melakukan kebaikan.  Ada orang yang begitu murah hati dan punya perhatian besar pada orang lain. Mereka mencoba mensyiarkan kebaikan dengan berbagai media yang ada. Mereka tak egois menyimpan ilmu yang mereka hanya untuk diri sendiri. Mereka ingin menyebarkan berbagai inspirasi dan berharap orang bisa mengambil pelajaran darinya.

Aku hanya memilih cara yang berbeda. Aku tak menyalahkan. Tidak. Tidak juga menganggap jalan yang kupilih paling benar. Bukan seperti itu. Aku hanya ingin menjaga. Menjaga hatiku. Menjaga dari rasa sombong yang terkadang muncul. Menjaga dari berbagai rasa iri hati yang timbul ketika melihat berbagai pencapaian orang lain. Menjaga untuk tidak berusaha membandingkan hidupku dengan orang lain.

Bukan berarti orang yang menggunakan media sosial tidak berusaha menjaga. Bukan seperti itu. Mereka orang-orang tangguh yang berani masuk ke dunia yang berwarna-warni untuk kemudian menyebarkan kebaikan. Mereka orang-orang cerdas yang menggunakan senjata media sosial untuk meraih kebermanfaatan yang lebih luas.

Setiap perbuatan tergantung niat. Tugas kita menjaga niat kita untuk tetap lurus mengharap ridhaNya. Seperti apa pun jalan yang kita pilih akan ada ujiannya. Seorang introvert yang sibuk dengan dunianya sendiri akan terperosok pada keangkuhan dan mengganggap diri paling benar. Dan setan akan lebih mudah menggodanya dengan kesendiriannya. Seorang ekstovert yang terlalu memperhatikan apa kata orang akan terperosok pada arus lingkungan yang membawanya. Jika lingkungannya tidak sesuai dengan nilai yang dianutnya, akan sangat mudah meleburkan prinsipnya.


Tugas kita adalah bagaimana kita mencoba seimbang kecenderungan yang kita miliki tanpa harus berlebihan dan menganggap jalan yang kita pilih adalah jalan yang paling benar. Setiap orang punya cara tersendiri dalam melakukan kebaikan, punya cara tersendiri dalam menjaga keimanan, punya cara tersendiri dalam menggapai surgaNya. Selama jalan yang dilalui murni mengharap ridhaNya dan  dilakukan sesuai syariatNya. Semoga Allah Yang Maha Baik menjaga kita untuk tetap istiqomah menjaga niat kita lurus untukNya. 

Komentar

Postingan Populer