Past

Something in the past, just happen in the past. Seorang teman pernah berkata hal itu padaku. Agak jahat rasanya aku pertama mendengar ucapannya. Hingga baru kusadari kalimat itu penting. Terutama untuk melanjutkan hidup.
Pada akhirnya kita memang tak bisa terpaku pada masa lalu.

Namun, bisakah kita lari dari masa lalu? Membuangnya seakan mencoba melepaskannya dari bagian hidupkita. Tak bisa ternyata. Selalu ada bagian dari masa lalu yang terkadang hadir dan mencoba kembali masuk dalam kehidupan.

Namun seperti apa seharusnya masa lalu bisa menjadi suatu pembelajaran. Bahwa kita hari ini ada karena masa lalu. Kita hari ini adalah potret dari berbagai interaksi kita dengan berbagai manusia di masa lalu. Keberhasilan kita hari ini berkat bantuan orang-orang masa lalu. Juga mungkin berbagai cerita cita, suka dan duka. Semua dari masa lalu. Yang kemudian akan kita ambil hikmah untuk melangkah maju dan ber-evolusi untuk menjadi pribadi yang harus selalu lebih baik dari masa lalu. Dan bahwa memilah milih untuk menjadikan masa lalu atau tidak itu sangatlah penting.

Komentar

Postingan Populer